• Prodi Teknologi Hasil Pertanian
  • 07. 09. 2020
  • 151

SEMINAR PELATIAN PROPOSAL PKM

Kegiatan seminar pelatihan proposal PKM ini dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 13 november 2018 dengan sasaran yaitu semua mahasiswa atau mahasiswi yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh pemateri yang telah berpengalaman dalam membuat proposal PKM, Salah satu pemateri yang di undang yaitu Miru Arjo Love Frianos, yaitu seorang mahasiswa Pertanian Universitas Teuku Umar Yang telah berhasil dalam pembuatan PKM dan tembus ke PIMNAS, selain itu masih ada pemateri lain yang lebih kompeten dalam pembuatan proposal PKM yang telah dibiayai.

Dalam seminar ini, nantinya peserta yang hadir akan diberikan arahan bagaimana pembuatan proposal PKM yang baik, benar serta unik. Yaitu dimulai dari bagai mana cara kita memilih judul dari sebuah tema yang telah ditenyikan sampai denganbagai mana kita menentukan isi proposal kita agar dapat bersangkutan dengan tema dan judul yag kita buat. Di seminar ini juga kita akan membongkar trik bagai mana cara agar proposal kita dapat lolos dan dibiaya.

SIKAKTEKPER

Sikaptekper merupakan singkatan dari Silaturahmi Hahasiswa Teknologi Hasil Pertanian. Kegiatan ini diadakan pada minggu 7 oktober 2018 dimana salah satu tujuan dari kegiatan ini yaitu menjalin keakraban antar dosen, senior dan junior Teknologi Hasil Pertanian Universitas Teuku Umar.

Kegiatan ini dimulai dari pagi, dimana dalam kegiatan ini di bagi dua sesi yaitu yang pertama dilakukan sesi pengenalan tentang THP, HMJ, serta organisasi lainnya. Yang kedua yaitu sesi pengenalan minat bakat serta kegiatan uji kekompakan dari mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian.

Kegiatan ini nantinya akan menjadi kegiatan tahunan yang akan dilakukan oleh mimpunan mahasiswa jurusan teknologi hasil pertanianuntuk  menjalin keagraban dengan sesame mahasiswa teknologi hasil pertanian.

Dalam kegiatan ini juga kami mengundang senior  dari Fakultas pertanian yang nantinya akan bertujuan untuk memotifasi mahasiswa baru agar mengikuti organisasi  tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai mahasiswa untuk menimba ilmu.

Kegiatan terahir dari acara ini yaitu bagai mana mahasiswa  menunjukkan kekompakan mereka, karena kekompakan juga merupakan nilai utama dalam melakukan segala hal untuk meraih prestasi.

MUBES KE 1 HIMALOGISTA

Sebagai organisasi intra kampus, Himpunan Mahasisa Teknologi Hasil Pertanian (HIMALOGISTA) Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, memiliki keajiban untuk dapat menjalannkan roda organisasi dengan baik. Maka dari itu perlunya diadakannya Musyawarah Mahasisawa untuk dapat mengevaluasi dan merencanakan kinerja Himpunan agar dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat.

Musyawah besar Himpunan Teknologi Hasil Pertanian (HIMALOGISTA) ke-1 ini dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2019 yang bertempat di gedung belajar Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar. Kegiatan ini memiliki agenda sebagai berikut: a) Sidang Pleno I, yaitu penetapan Agenda Sidang, Tata Tertib Sidang Dan Pemilihan Pimpinan Sidang Tetap. b) Sidang Pleno II, yaitu, Pembahasan AD/ART, laporan Pertanggung Jawaban HMJ (HIMALOGISTA) dan Penutupan.

LOMBA SYARHIL QUR’AN DAN KULTUM

Lomba Syarhil Qur’an dan Kultum ini diadakan pada tanggal 7 Oktober 2019 yang bertempat di Aula Universitas Teuku umar. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang aqidah supaya bermanfaat bagi peningkatan kesadaran moral beragama setiap mahasiswa muslim yang ada di Universitas Teuku Umar. Program keagamaan yang dapat di kembangkan dalam kegiatan kali ini adalah Kultum dan Syarhil Qur’an. Kultum merupakan penyampaian ajaran-ajaran keagamaan yang hampir sama dengan pidato, hanya saja waktu pelaksanaan kultum ini dibatasi oleh pendeknya waktu. Sedangkan Syarhil Qur’an merupakan bidang musabaqah yang mengungkapkan isi kandungan Al-Qur’an dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi/terjemah, dan uraian yang menunjukkan kesatuan yang serasi. Pesertanya terdiri dari tiga orang (boleh laki-laki semua, boleh perempuan semua ataupun campuran), dengan urain tugas, pembaca terjemah/puitisasi, dan mengungkapkan isi kandungan Al-Qur’an.

SILATURAHMI MAHASISWA TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN

Sikabtekper merupakan singkatan dari Silaturahmi Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian. Kegiatan ini diadakan pada minggu 27 oktober 2019 dimana salah satu tujuan dari kegiatan ini yaitu menjalin keakraban antar dosen, senior dan junior Teknologi Hasil Pertanian Universitas Teuku Umar, kegiatan ini merupakan kegiatan sikabtekper yang ke-2 yang diadakan oleh Himpunan Mahasisa Teknologi Hasil Pertanian.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta keakraban antar sesama mahasiswa teknologi hasil pertanian, serta  dosen.

Dalam kegiatan ini juga kami mengundang senior  dari Fakultas pertanian yang nantinya akan bertujuan untuk memotifasi mahasiswa baru agar mengikuti organisasi  tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai mahasiswa untuk menimba ilmu.

Kegiatan ini nantinya akan menjadi kegiatan tahunan yang akan dilakukan oleh mimpunan mahasiswa jurusan teknologi hasil pertanian untuk  menjalin keagraban dengan sesame mahasiswa teknologi hasil pertanian.

MUSYAWARAH HIMPUNAN MAHASISWA TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN (HIMALOGISTA KE 2)

Sebagai organisasi intra kampus, Himpunan Mahasisa Teknologi Hasil Pertanian (HIMALOGISTA) Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, memiliki keajiban untuk dapat menjalannkan roda organisasi dengan baik. Maka dari itu perlunya diadakannya Musyawarah Mahasisawa untuk dapat mengevaluasi dan merencanakan kinerja Himpunan agar dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat.

Musyawah besar Himpunan Teknologi Hasil Pertanian (HIMALOGISTA) ke-2 ini dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2019 yang bertempat di gedung belajar Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar. Kegiatan ini memiliki agenda sebagai berikut: a) Sidang Pleno I, yaitu penetapan Agenda Sidang, Tata Tertib Sidang Dan Pemilihan Pimpinan Sidang Tetap. b) Sidang Pleno II, yaitu, Pembahasan AD/ART, laporan Pertanggung Jawaban HMJ (HIMALOGISTA) dan Penutupan.