• Prodi Teknologi Hasil Pertanian
  • 07. 09. 2020
  • 148

Penulis: Cut Lena Riza, Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Teuku Umar Meulaboh

Berbicara tentang pemuda tentu saja tak lepas dari perannya terhadap suatu bangsa apa lagi mengingat sekarang kita semua sedang berjuang melawan pandemi Covid-19. Terlepas dari itu kita selaku pemuda generasi penerus yang akan membawa perubahan dan melanjutkan tonggak estafet kehidupan dari generasi sebelumnya, tentu saja soal keamanan dan kemajuan negara di masa sekarang dan masa depan dipengaruhi oleh kualitas kita sendiri selaku pemuda di masa kini. Nah, sebagai pemuda yang menginginkan kemajuan harusnya dimulai dari diri sendiri.

Mens Sana in Corpore Sano. Sebuah frase dalam bahasa Latin yang bermakna "dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat"

Maka dari itu kita selaku pemuda harus bersatu untuk melawan pandemi Covid-19 dengan cara meneratkan gaya hidup sehat dan saling peduli satu sama lain, sehingga kita selaku pemuda bisa ikut ambil peran dalam menekan penyebaran wabah Covid-19 yang mana kita lihat sesuai dengan data dari sumber WHO pada (13/05/2020). menunjukkan sudah 215 negara sudah terjangkit covid19 ini, dan jumlah korban yang terjangkit Covid-19 sekitar 4.139.794 orang dan meninggal 285.328 orang. Di Indonesia sendiri Saat ini korban Covid-19 berjumlah 14.749 orang, yang meninggal 1.007 orang dan yang dinyatakan sembuh sekitar 3.063 orang sumber data dari Kemenkes RI pada (12/05/2020).

Karena pemuda hebat tentu saja tidak hanya cerdas dan kuat,tetapi juga harus sehat, cerdas tidak hanya terbatas dengan kata pintar, tetapi pemuda yang cerdas ialah pemuda yang bijak dalam mengaplikasikan ilmunya dengan tepat dan saling peduli satu sama lain dalam melawan pandemi Covid-19 ini, Kuat bukan berarti mampu mengangkat beban berat,tetapi pemuda yang kuat ialah pemuda yang tak pernah menyerah dan selalu bersemangat untuk jadi yang terbaik bagi bangsa.

Sebagaimana peran pemuda sebagai agent of change dan agent of social control , tentu saja tidak akan dilakukan dalam kondisi loyo dan tidak bersemangat. Untuk itu diperlukan tubuh yang sehat untuk menjadi kuat untuk melawan pandemi covid-19 ini maka dari itu kita harus menerapkan dan mensosialisasikan peranan hidup sehat di saat seperti ini dengan cara banyak olah raga dan mengkonsumsi asupan yang cukup sehingga bisa menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tentu saja tidak akan didapatkan secara cuma-cuma tanpa usaha. Tubuh yang sehat dapat diperoleh dengan menerapkan pola hidup sehat. Adapun untuk gaya pola hidup sehat maka saya punya tips atau saran untuk kita semua yang dapat diterapkan dengan langkah sebagai berikut :

  1. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Apa sih makanan dengan gizi seimbang itu?

Menurut Prof. Poerwo Soedarmo, guru besar ilmu gizi pertama di Indonesia pada tahun 1950-an, gizi seimbang dapat diterapkan dengan konsep 4 Sehat, 5 Sempurna dimana komposisi makanan sehat yang mengandung 4 nutrisi utama yaitu makanan pokok (nasi), lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan oleh susu.

  1. Berolahraga secara rutin

Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan seperti berenang, bersepeda, lari, dan aktivitas fisik lainnya untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat.

  1. Beristirahat yang cukup.

Setelah melakukan banyak aktivitas, istirahat sangat dibutuhkan. Rata-rata tubuh butuh durasi tidur sekitar 7-8 jam per hari. Jadi, sebaiknya hindari begadang. Apalagi begadang yang tidak memberi manfaat seperti bermain game hingga larut malam. Selain mengganggu kesehatan, hal tersebut juga menurunkan produktivitas kita sebagai generasi penerus bangsa.

  1. Berekreasi

Berekreasi dapat menghilangkan setres setelah bergelut dengan berbagai aktivitas setiap hari, selain itu berekreasi juga dapat memeningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi selain menyenangkan, berekreasi juga dapat menyehatkan, tapi ingat di tengah pandemi Covid-19 harus mengurangi interaksi dengan orang banyak jadi cukup lakukan sendiri saja di lingkunganmu.

Nah, untuk menjadi hebat tentu saja diperlukan tubuh yang sehat. Jadi, mulai sekarang selain belajar lebih giat, berusaha lebih kuat, kita juga harus menerapkan pola hidup sehat untuk menjadi pemuda hebat. Perubahan besar diawali dari pembenahan kecil. Pembenahan kecil dimulai dari diri sendiri. Mari menghebat, mari budayakan hidup sehat. Untuk mewujudkan kemajuan di masa depan.